Ini Dia, 10 Negara Kerajaan yang Eksis Hingga Kini

Ini Dia, 10 Negara Kerajaan yang Eksis Hingga Kini
March 17 06:09 2016 Print This Article

MONARKHI ATAU kerajaan adalah sistem pemerintahan tertua di dunia. Kekuasaan dalam kerajaan biasanya akan berlangsung sepanjang hayat sang raja, ratu, sultan, atau kaisar. Kemudian, dia akan digantikan penerusnya yang juga berasal dari keluarga kerajaan.

Berbagai kisah keluarga kerajaan sendiri selalu menarik minat masyarakat. Mulai perpolitikan perebutan kekuasaan, kisah cinta, hingga hidup dan matinya para anggota kerajaan.

Di dunia sendiri tidak banyak negara dengan sistem kerajaan. Berikut ini 10 negara kerajaan yang hingga kini masih berdiri.

1. ARAB SAUDI. Terletak di Jazirah Arab, sebagian besar dari daerahnya berupa gurun pasir. Dengan luas wilayah 2,24 kilometer persegi (km2), Arab Saudi pun menjadi negara terbesar di Asia Timur Tengah. Arab Saudi menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya agama Islam karena merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Nama kerajaan Arab Saudi berasal dari nama pendirinya, Abdul Aziz bin Abdurrahman al Sa’ud. Dia memproklamasikan lahirnya Kerajaan Arab Saudi pada 23 September 1932. Ketika itu, Abdul Aziz menyatukan wilayah Riyadh, Najd, Ha-a, Asir, dan Hijaz. Hingga kini telah tujuh raja memimpin Arab Saudi. Setelah Raja Abdullah bin Abdulaziz meninggal pada 23 Januari 2015, dia digantikan oleh adiknya, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud.

2. INGGRIS. Bagian dari Britania Raya ini memiliki luas wilayah 130 ribu km2. Negara dengan ibu kota London ini menganut model pemerintahan monarki konstitusional dengan pimpinan negara adalah Ratu Elizabeth II.

Inggris merupakan salah satu contoh kerajaan yang dekat dengan rakyatnya. Kisah-kisah penghuni kerajaan mendapat perhatian khusus dari warganya seperti The Royal Wedding antara Pangeran Charles dengan Lady Diana yang menjadi pernikahan termegah sepanjang sejarah Inggris. Royal Wedding ini juga diikuti oleh anak sulung mereka, Pangeran William, yang menikah dengan Catherine Middleton pada 16 November 2010. Skandal dan kisah tragis juga banyak mewarnai kehidupan di istana ini seperti kecelakaan maut yang merengut nyawa Lady Diana hingga kelahiran pangeran George Alexander Louis yang merupakan buah hati pangeran William dan Kate Middleton.

3. THAILAND. Kerajaan Thai atau lebih sering disebut Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Kata “Thai” berarti ‘kebebasan’ dalam bahasa Thai, namun juga dapat merujuk kepada Suku Thai.

Thailand memiliki luas wilayah sebesar 514 ribu km2 dan dipimpin oleh Raja Bhumibol Adulyadej. Kepala pemerintahannya adalah perdana menteri yang dilantik raja dan biasanya merupakan pemimpin partai mayoritas.

4. KAMBOJA
. Monarki konstitusional di Asia Tenggara ini memiliki luas wilayah 181.040 km2. Kamboja memiliki hubungan sangat erat dengan Pemerintah Indonesia. Menjelang kemerdekaannya, Indonesia sering memberikan buku-buku taktik perang sehingga para calon perwira di militer Kamboja wajib belajar dan bisa berbahasa Indonesia.

Pada 14 Oktober 2004, Pangeran Sihamoni dilantik oleh majelis khusus sembilan anggota untuk menggantikan ayahnya, Raja Sihanouk, yang telah mengumumkan penurunan takhtanya secara mendadak. Pemilihan Sihamoni disetujui oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Ketua Dewan Nasional Pangeran Norodom Ranariddh.

Raja Norodom Sihamoni sendiri dikenal di Eropa sebagai seorang yang giat dalam bidang kesenian. Pada 1960–1970, dia tinggal di Praha untuk mempelajari seni tarian klasik.

5. Spanyol. Negara di Eropa Barat Daya ini memiliki luas wilayah 505.992 km2. Spanyol adalah negara yang terkenal dengan sepakbola dan pertunjukan matador. Meski merupakan monarki konstitusional, Spanyol mengusung demokrasi dan menjalankan pemerintahan parlementer.

Pemimpinnya, Raja Felipe VI, adalah raja termuda di Eropa dengan usia yang baru 46 tahun. Dia mengambil alih kekuasaan ketika ayahnya, Juan Carlos I, menandatangani dokumen pengunduran diri pada 18 Juni 2014 di Istana Kerajaan Madrid. Sebelumnya Raja Juan Carlos I berkuasa selama 39 tahun.

6. BELANDA. Belanda adalah sebuah negara peserta Kerajaan Belanda yang terdiri dari 12 provinsi di Eropa Barat Laut dan tiga pulau di Karibia. Belanda memiliki luas wilayah 41.526 km2. Ibu kotanya adalah Amsterdam, sedangkan pusat pemerintahan dan kedudukan monarkinya berada di Den Haag.

Belanda dipimpin oleh seorang raja bernama Raja Willem Alexander. Ia menjadi Raja Belanda pertama sejak wafatnya William III pada 1890. Anak tertua dari Putri Beatrix dan Claus von Amsberg ini menjadi Pangeran Oranye dan pewaris takhta Belanda pada 30 April 1980 setelah ibunya naik takhta. Dia menjadi raja pada 30 April 2013 setelah ibunya mengundurkan diri.

7. SWEDIA. Kerajaan Swedia berdiri selama hampir satu milenium. Ia merupakan sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa, dengan ibu kota Stockholm dan luas wilayah 449.964 km2. Swedia merupakan salah satu negara termiskin di Eropa pada abad 19 karena tingginya konsumsi alkohol.

Pemimpin Swedia saat ini adalah Raja Carl XVI Gustaf. Dia lahir pada 30 April 1946 di Solna. Sistem perpajakannya diatur oleh Riksdag (parlemen) yang terdiri dari empat majelis dengan wakil dari masyarakat awam, bangsawan, klerik, dan townsmen. Pada 1866, Swedia menjadi monarki konstitusional dengan sebuah parlemen bikameral.

8. MAROKO. Berada di barat laut Afrika, Maroko mempunyai garis pantai yang memanjang melewati Selat Gibraltar hingga Laut Tengah. Pada 1975, Maroko menduduki Sahara Barat; namun peristiwa tersebut belum diakui secara global.

Raja Muhammad VI atau dikenal dengan Raja Muhammad bin al Hassan saat ini memimpin kerajaan seluas 446.550 km2 tersebut. Anak kedua pasangan Raja Hassan II dan Lalla Latifa Hammou ini dinobatkan sebagai raja pada 1999.

9. DENMARK. Kerajaan Denmark adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara, sehingga termasuk Uni Eropa, namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia. Denmark memiliki luas wilayah 43.098,31 km2.

Denmark dipimpin oleh Ratu Margrethe atau Margrethe II sejak 14 Januari 1972. Dia lahir di Istana Amalienborg, Kopenhagen, dari pasangan Frederik IX dan Putri Ingrid Swedia. Ayahnya, Raja Frederick IX, wafat pada 1972.

10.YORDANIA. Kerajaan Hasyimiyah Yordania –biasanya disebut Yordania– ialah sebuah kerajaan di Tepi Barat Sungai Yordan. Kerajaan dengan luas wilayah 92.300 km2 ini menjadi penampungan pengungsi terbesar karena menerima arus pengungsi Palestina selama lebih dari tiga dasawarsa. Negara yang miskin bahan tambang ini mengimpor minyak bumi dari negara-negara tetangga.

Sejak 7 Februari 1999, Raja As Sayyid Abdu’llah II bin al Hussein al Hashimi memimpin Kerajaan Yordania. Dia dikatakan merupakan generasi langsung ke-43 dari Nabi Muhammad SAW. Abdullah merupakan putra langsung Raja Hussein dengan Putri Muna al Hussein. Dia memiliki empat saudara dan enam saudari. Demikianlah, seperti dikutip Okezone.com.(rfa)
_________

WARISAN BUDAYA NUSANTARA ~ Jika ada kegiatan, peristiwa, dan artikel seputar budaya nusantara (terkait dengan kerajaan, kesultanan, kedaton, kisah legenda, atau heritage warisan budaya) yang ingin dipublikasikan di media ini, kirim saja ke redaksi kami, via Email : hallowredaksi@gmail.com, atau wa : 081915557788, terima kasih ~ Rajasultan.com

  Article "tagged" as:
  Categories: