Landak Bakal Punya Tiga Desa Wisata

Landak Bakal Punya Tiga Desa Wisata
April 19 14:28 2016 Print This Article

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disporaparekraf) Landak, Lukas Kanoh, mengatakan, pada tahun anggaran 2016 ada tiga desa yang dibina untuk menjadi desa wisata.

Rajasultan.com, Landak – Dengan demikian, Lukas, menegaskan, harus dipahami oleh masyarakat bahwa desa tersebut tidak ada urusannya dengan sistem administratif di pemerintahan.

“Jadi desa yang dibina ini, tidak ada hubungannya dengan administratif di pemerintahan. Jadi harus diketahui oleh masyarakat tentang ini, karena desa ini mempunyai karakter khusus,” ujarnya kepada wartawan ditemui di kantornya pada Selasa (19/4/2016).

Dijelaskan Lukas, tiga desa yang dibina berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Landak adalah Desa Saham yang ada rumah panjang, Desa Engkangin dan Merayuh yang memiliki Air Terjun Bananggar, dan Desa Raja yang ada Keraton Ismahayana dan ada kegiatan Tumpang Negeri.

“Kalau untuk Desa Raja mulai tahun ini baru kita tambahkan. Jadi yang dilihat dari desa wisata itu adalah karekteristiknya, cara pertaniannya, cara perkebunannya, kehidupan sosialnya, dan kulinernya yang juga memang memiliki tempat wisata,” ungkap Lukas.

Dengan demikian dirinya berharap, suksesnya desa wisata pastinya harus didukung oleh masyarakat setempat.

“Kita coba membangun pariwisata itu berbasis masyarakat, karena maju mundurnya dunia pariwisata itu adalah dari masyarakat. Pemerintah hanya memfasilitasi,” katanya, seperti dikutip Tribunpontianak.com (tp)

  Article "tagged" as:
  Categories: