Raja Se-Indonesia Menonton Gerhana Matahari di Ternate

Raja Se-Indonesia Menonton Gerhana Matahari di Ternate
March 09 10:03 2016 Print This Article

RAJA-RAJA dari berbagai keraton se-Indonesia akan menyaksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Ternate, Maluku Utara. Mereka antara lain berasal dari Kesultanan Kutai, Tidore, Luwuk, Bulungan, Pasir, dan Tarumanegara.

Mewakili Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara (FKSN), Ratu Tarumanegara Okky Jusuf Judanegara, mengatakan gerhana yang dipadu festival keraton Ternate, Legu Gam, sangat menarik. “Insya Allah kami menonton (gerhana). Panitia (festival) yang atur,” kata Ratu Okky kepada detikcom.Raja-raja se-nusantara sejak kemarin sudah berada di Ternate mengikuti Festival Legu Gam yang merayakan hari lahir Sultan Ternate Mudaffar Sjah. Festival tahunan yang biasanya diadakan setiap April ini dimajukan karena pada 2016 terjadi gerhana matahari total.

Menteri Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura, Pangeran Harry Gondo Prawiro mengatakan pihaknya menghadiri festival tersebut sebagai bentuk dukungan kepada festival budaya Kesultanan Ternate. “Yang namanya upacara adat itu kami para raja-raja selalu mendukung karena ini kebudayaan adiluhung kita yang harus dilestarikan,” ujarnya.

Senada dengan Pangeran Harry, Datuk Luwu ke-40 Andi Maradang Mackpulau Opu Tobau dari Sulawesi Selatan mengapresiasi Kesultanan dan Pemerintah Kota Ternate yang memadukan festival keraton dengan acara menyambut gerhana.

“Saya betul-betul mengapresiasi bahwa di Ternate masih melaksanakan upacara-upacara tradisi yang menurut saya harus diangkat,” ujarnya. “Raja menjadi mitra pemerintah dalam melestarikan budaya-budaya lokal.”

Ternate dilintasi gerhana matahari yang totalitasnya berlangsung selama 2 menit 36 detik mulai pukul 09.52 WIT. Jika kemarin cuaca di Ternate cerah, maka ramalan cuaca BMKG terkini per 7 Maret 2016 memprakirakan akan mendung.

Prakiraan ini berubah dari sehari sebelumnya yang cerah namun berawan. Ternate dan sekitarnya diharapkan akan cerah pada hari gerhana karena menjadi salah satu lokasi terbaik pengamatan gerhana dengan posisi matahari sudah tinggi.

Gerhana matahari total di Ternate akan disiarkan secara live streaming oleh BMKG. Live streaming ini bisa disaksikan di situs BMKG dan juga di detikcom mulai pukul 06.30 pada 9 Maret . Demikian berita yang dipublikasikan oleh Detik.com. (okt/dhn)
_________

WARISAN BUDAYA NUSANTARA ~ Jika ada kegiatan, peristiwa, dan artikel seputar budaya nusantara (terkait dengan kerajaan, kesultanan, kedaton, kisah legenda, atau heritage warisan budaya) yang ingin dipublikasikan di media ini, kirim saja ke redaksi kami, via Email : hallowredaksi@gmail.com, atau wa : 081915557788, terima kasih ~ Rajasultan.com

  Categories: