Sultan Iskandar Mahmud Badarudin Mendukung agar GBHN Dihidupkan Lagi

Sultan Iskandar Mahmud Badarudin Mendukung agar GBHN Dihidupkan Lagi
March 30 12:35 2016 Print This Article

SEJUMLAH TOKOH nasional hadir dalam Konvensi Haluan Negara. Para tokoh yang hadir pun setuju bila Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) dibangkitkan kembali.(GBHN) dibangkitkan kembali. Termasuk Sultan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin

Sultan Iskandar Mahmud Badarudin yang menyampaikan sikapnya mengatakan, bahwa haluan negara adalah langkah untuk melakukan harmonisasi pembangunan.

“Bagaimana hukum adat dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya menuju suatu bangsa yang diperhitungkan,” kata Sultan Palembang yang juga Ketua Yayasan Raja Sultan Nusantara (Yarasutra) itu di Jakarta Convention Center, Rabu (30/3).

Sementara itu Aburizal Bakrie juga berpandangan bahwa Indonesia memerlukan satu rancangan yang dari masukan masyarakat dan para cerdik pandai. Kita tak bisa biarkan batang tubuh UUD ’45 yang kini sudah melenceng dari mukadimahnya.

“Untuk itulah haluan negara bisa jadi satu pintu masuk amandemen terbatas. Kita masuk kepada yang paling penting yaitu perubahan terbatas,” ujar Mantan Menko Kesra itu.

Ketum Golkar tersebut juga menyatakan, selama ini pembentukan regulasi begitu mudah diatur kaum pemodal asing. Sehingga butuh sebuah haluan yang betul-betul digali dari kearifan lokal.

“Kita dengarkan sambutan dari ibu Megawati untuk memasukkan aspek lokal untuk dapat jadi haluan negara. Tidak bisa serta merta memasukan pemikiran negara lain,” imbuh Ical.

Selanjutnya Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid juga sepakat bila kemudian GBHN dibangkitkan kembali. Dia menekankan, GBHN bukanlah produk Orde Baru.

“Garis Besar Haluan Negara bukan Orde Baru, tapi perintah UUD sejak diterima pada 18 Agustus 1945. Setelah amandemen, terjadilah perubahan yang sangat signifikan,” ujar Hidayat.

Politisi PKS ini berharap adanya masukam masyarakat untuk melakukan amandemen terbatas kepada MPR. Untuk melakukan amandemen, perlu adanya dukungan ⅔ anggota MPR.

“Karenanya mudah-mudahan Allah meridhai kita. Semoga bangsa Indonesia jadi jaya dan raya,” ungkap pria yang akrab disapa HNW ini, seperti dikutip Detik.com. (red)
_________

WARISAN BUDAYA NUSANTARA ~ Jika ada kegiatan, peristiwa, dan artikel seputar budaya nusantara (terkait dengan kerajaan, kesultanan, kedaton, kisah legenda, atau heritage warisan budaya) yang ingin dipublikasikan di media ini, kirim saja ke redaksi kami, via Email : hallowredaksi@gmail.com, atau wa : 081915557788, terima kasih ~ Rajasultan.com

  Article "tagged" as:
  Categories: